Masterplan Desa harus dipersiapkan, agar rencana tata ruang desa nantinya menjadi penentu arah pengembangan desa di masa mendatang. Arahan ini berguna agar tata ruang desa dapat dipertahankan guna menghindari terjadinya pergeseran desa menjadi perkotaan. Hal ini tentu menjadi penting mengingat desa memiliki peran vital dalam menjaga produktivitas pangan sehat dan menjadi penyangga air bersih serta udara yang bersih pula.

Desa Wlahar Wetan termasuk zona hijau dan merupakan kawasan pertanian di Banyumas, tengah mengalami beberapa permasalahan seperti permasalahan infrastruktur pertanian, pergeseran kultur sosial dan budaya serta masalah kemiskinan. Sebagai kawasan pertanian, Wlahar Wetan memiliki permasalahan yang dapat mengancam produktifitas pertanian seperti masalah kekeringan. Selain itu, adanya fenomena iklim dan struktur tanah, fungsi jaringan irigasi yang telah lama tidak tertata sehingga terhambatnya proses produksi dan distribusi pertanian.

Oleh karenanya, Wlahar Weten kini mulai berbenah untuk membangun desa yang lebih baik, salah satunya melalui penyiapan penyusunan Masterplan Desa. Masterplan Desa merupakan perencanaan yang komprehensif, diharapkan hasil pembangunan dari masterplan tersebut menjadi salah satu pendekatan untuk mengatasi permasalahan sosial, kebencanaan, ekonomi dan masalah infrastruktur yang terjadi di Desa Wlahar Wetan.

INFOGRAFIS INOVASI DESA WLAHAR WETAN PEMBANGKIT AIR TENAGA LISTRIK TERBARUKAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Masterplan Desa Wlahar Wetan menekankan pada prinsip berkelanjutan dan berbasis alam serta kemasyarakatan untuk memberi manfaat sebesar-besarnya bagi warga, dengan tidak merusak alam desa dan mengurangi dampak negatif dari adanya pengembangan perluasan zona ekonomi supra desa di kawasan desa.

Selain lanskap alam atau bentang darat, Desa Wlahar Wetan juga memiliki potensi ternak dan pengembangan komoditas hortikultura. Potensi-potensi terebut dioptimalkan melalui sistem dan pola yang terintegrasi, yang harus memiliki prinsip dari alam kembali ke alam. Penerapan sistem tersebut membutuhkan penataan ruang yang komprehensif sekaligus pendekatan partisipatoris, guna mengefektivitaskan distirbusi barang hasil produksi dan sirkulasi manusia.

MASTERPLAN DESA WLAHAR WETAN BANYUMAS 2013-2025

 

 

 

 

 

 

 

Master plan desa merupakan program yang dikhususkan bagi kawasan berkarakter perdesaan, melalui pelibatan warga dan komunitas dengan tujuan untuk memperbaiki kualitas lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan penghuninya. Pendampingan dilakukan untuk memberdayakan masyarakat dalam pencapaian kawasan desa yang berkelanjutan.

Peran Pemerintah Desa, meningkatkan kesadaran akan pentingnya perencanaan masa depan kepada masyarakat dan mengajak masyarakat berinvestasi dalam perencanaan masa depan dimulai dengan tahapan identifikasi, menyusun proses perencanaan dan prioritas program serta pengetahuan mengenai langkah dalam mendesain kawasan. Dengan mengelola potensi SDA dan lingkungan yang diwujudkan dalam pembangunan fisik serta mengoptimasi pemanfaatan lahan untuk kepentingan bersama, demi tercapainya ketahanan pangan, kemandirian dalam pemenuhan kebutuhan, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat desa.

#MasterPlanDesa #TataRuangDesa #DesaWlaharWetan #WlaharWetan #Banyumas #DesaMandiri #DesaBerdaya #DesaBekerja #InovasiDesa #WlaharWetanJuara